UPTD BBI dan UPTD TPI

                          BBI Sukorejo                                                            Stasiun BBI Jatiguwi  
UPTD BALAI BENIH IKAN (BBI)
UPTD BBI sebagai salah satu unsur pelaksana teknis operasional pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang memiliki tugas pokok melaksanakan pengelolaan pembenihan ikan dan membantu bimbingan langsung kepada UPR (Usaha Pembenihan Ikan Rakyat) dalam rangka peningkatan produksi dan mutu benih serta peningkatan teknik pembenihan.
Bangunan UPTD BBI terdapat di 2 (dua) lokasi yaitu BBI Sukorejo dan Stasiun BBI Jatiguwi.
1. BBI SUKOREJO
Bangunan BBI Sukorejo Kecamatan Gondanglegi mulai dibangun pada Tahun Anggaran 2006. Sebelumnya (Tahun 1952 s/d 2005) BBI ini berlokasi di Jl. Kebonsari No. 84 Kec. Sukun Kota Malang yang dulu dikenal dengan nama BBI Kebonsari, seiring dengan perpindahan kantor Dinas ke Kepanjen, bangunan BBI juga pindah ke Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi. BBI Sukorejo meliputi bangunan gedung (kantor, laboratorium, gudang, rumah generator dan mess operator) dan bangunan kolam (kolam permanen dan kolam semi permanen). Menurut fungsinya kolam permanen terdiri dari kolam/bak-bak pemijahan, penetasan, pendederan intensif, pengobatan dan pakan alami. Sedangkan kolam semi permanen dibedakan menjadi kolam pendederan, kolam pembesaran/calon induk, dan kolam induk.
2. STASIUN BBI JATIGUWI
Stasiun BBI Jatiguwi yang berlokasi di Desa Jatiguwi Kecamatan Sumberpucung merupakan Sub BBI Sukorejo, direhab pada tahun 2007. Bangunan Stasiun BBI tersebut meliputi gedung (ruang kantor, ruang pertemuan, ruang operator dan gudang), kolam (kolam semi permanen dan kolam permanen). Kolam semi permanen terdiri dari kolam penampungan induk dan kolam pendederan. Sedangkan kolam permanen terdiri dari kolam/bak pendederan intensif, kolam pemijahan lele, bak penampungan benih/pemberokan dan bak pengendapan.
Bagi masyarakat yang membutuhkan benih ikan (Nila, Lele dan Tombro), dapat menghubungi BBI Sukorejo - Gondanglegi Telp. 0341-7047503 (pada hari dan jam kerja).
Selain di Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi, BBI juga diback up dengan adanya Stasiun BBI Jatiguwi Kecamatan Sumberpucung.
 
Kepala UPTD BBI :
Nama                 : Ir. SUPARDI, M.Si
NIP                    : 19581227 198711 1 003
Pangkat/Gol        : Pembina (IV/a)
 
UPTD TPI (TEMPAT PELELANGAN IKAN)

UPTD TPI (Tempat Pelelangan Ikan) merupakan Lembaga Pelaksana Teknis yang menangani Tempat Pelelangan Ikan yang ada di Wilayah Kabupaten Malang, namun mengingat pemasok Produksi Perikanan Tangkap Terbesar di Wilayah Kabupaten Malang berada di Sendangbiru Kecamatan Sumbermanjing Wetan, maka UPTD TPI sebagian besar tugasnya berada di Pantai Sendangbiru.

Kepala UPTD TPI :

Nama                : Budi Rianto, S.Pi

NIP.                    : 19680710 199703 1 005

Pangkat/Gol.       : Penata Tk. I (III/d)

 

 
 

 

Last Update:20-08-2013 13:41